twitter

Rabu, 11 Maret 2015

MIE DES PUNDONG

Mie Des Pundong, Mie Khas Bantul

           Hallo kerabat, Emm disini aku ingin membahas makanan yang merupakan khas dari kabupaten Bantul dan merupakan makanan asli dari daerahku tepatnya di kecamatan Pundong, Bantul. Jika Anda pernah berkunjung ke Bantul, tepatnya di kecamatan Pundong. Dan di sana anda pernah memakan mie, barangkali yang anda makan adalah Mie Des Pundong.
Nama Mie Des Pundong mungkin sangat awam di telinga anda, tapi sebenernya nama Mie Des Pundong sangat unik. Nama “Des” dalam kata Mie Des merupakan kata dalam bahasa Jawa yang berarti Pedes, sedangkan dalam bahasa Indonesia berarti Pedas. Tapi uniknya lagi Mie Des Pundong ini sebenernya tidak begitu pedas, karena kepedasannya tergantung pada selera pembeli. Kalo aku sih biasanya makan yang sedang sedang aja, maklum punya penyajit mag :D . Dan Mie Des ini penjualnya juga masih sanak sudara, yah bisa di sebut resep turun temurun lah.
          Bahan baku dari Mie Des Pundong ini dibuat sendiri dari bahan ketela. Dan mienya itu sangat unik karena berbentuk tidak seperti biasanya yang berbentuk bulat-bulat, namun  berbentuk kotak-kotak dengan ukuran yang agak besar. Mie Des Pundong ini disajikan dengan dua macam:
Mie Des Goreng dan Mie Des Kuah/Godok  :G


Satu porsi Mie Des biasanya terdiri dari telur, bawang goring, kubis, sledri, udang kecil, cabai yang sudah diolah, dll. Satu porsi Mie Des biasanya dijual dengan harga Rp. 6.000,00 cukup terjangkau bukan :D

           Jika ingin membeli anda bisa lewati Jalan Parangtritis KM 17 menuju pertigaan Pundong (pertigaan sempalan pundong) belok masuk ke pertigaan tersebut. Disepanjang jalan ini terdapat beberapa warung Mie Des. Warung yang bisanya laris yaitu warung milik Pak Yono yang lokasinya dekat dengan pasar Pundong ( 200 m sebelum pasar). Rata-rata warung Mie Des di Pundong mulai buka sore hari sekitar jam 5 sore sampai tengah malam. Cukup itu dulu ya, disambung besok lagi :D Daadaaaaa :D

6 komentar: